15-05-2016 Author by : Om Budi
Perhatikan cara pemasangan relay 4 kaki, pada dinamo stater :
1. Kabel plus (+) accu dikasih sekring terlebih dahulu kemudian masuk ke kaki angka 30 pada relay
2. Kabel dari kunci kontak yang aslinya langsung terhubung ke dinamo stater dipotong kemudian masuk ke kaki angka 85 pada relay
3. Kaki angka 86 pada relay terhubung dengan massa
4. Soket asli dari dinamo stater dihubungkan dengan kaki angka 87
Salam satu timor sejuta saudara ... !!!!
Berbekal banyak member yang mengeluhkan timinya susah atau berat stater, admin coba cari artikle yang berhubungan dengan problem solved tersebut. Mungkin ini memang tidak membantu 100% tetapi paling tidak bisa memberikan solusi yang termurah & mudah dilakukan oleh member Timor-er Banten.
Berikut article yang bisa admin sharing ke rekan - rekan member, dan ini mudah diaplikasikan atau dipasang sendiri seperti pada timi saya Omet (SOHC 97), yang sebelumnya jika dalam kondisi mesin panas susah sekali mesin hidup, tetapi alhamdullilah ada sedikit perubahan pada timi saya ..... stater lumayan lebih jrengggg, biasanya hanya cekakak cekikik dulu .....
Berikut Peralatan yang dibutuhkan & banyak ditempat / box bagasi mobil kita :
1. Relay 30A, beserta soket
2. Sekering Min 70A, beserta rumahnya
3. Kabel secukupnya, usahakan rada besar karena untuk mengalirkan arus listrik ke dinamo stater.
Perhatikan cara pemasangan relay 4 kaki, pada dinamo stater :
1. Kabel plus (+) accu dikasih sekring terlebih dahulu kemudian masuk ke kaki angka 30 pada relay
2. Kabel dari kunci kontak yang aslinya langsung terhubung ke dinamo stater dipotong kemudian masuk ke kaki angka 85 pada relay
3. Kaki angka 86 pada relay terhubung dengan massa
4. Soket asli dari dinamo stater dihubungkan dengan kaki angka 87
Sekarang coba ditest kembali stater mobil timinya, jika masih cekakak cekikik bisa ditambahkan grounding lagi dari dinamo stater (-) ke aki (-). Tetapi pada saat pemasangan lepas kable yang ke kutup (+) pada aki. Menghindari konsleting ..... sakit sih enggak, tapi kuagetnya itu lho, kalo jantungan gimana ?
Salam satu timor sejuta saudara ... !!!!
Mantep tu om klo dohc bida gak om....next di coba om biyar tambau jreng jreng
BalasHapusMantep tu om klo dohc bida gak om....next di coba om biyar tambau jreng jreng
BalasHapussiap om sugi, btw kan altenator & aki punya om sugi baru semua ..... ya pasti jreng & siap giass poll ke malang nih.
BalasHapusmassa tu maksudnya apa ya min?
BalasHapusMassa sama dengan grounding atau kutub negatif pada aki om
HapusMas,kalau dah terlanjur yg nyambung ke massa itu kaki 85 gimana mas,apa ndak apa?
BalasHapusKalo d aplikasikan k motor bisa ndak om.trus klo di motor apakah hrus pakai fuse yg 70A?
BalasHapusMenarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih
BalasHapusKalo untuk pemasangan di stater motor Tiger gimana bos, tolong pencerahannya. Trimakasih
BalasHapusSaya coba di genset Yanmar tp koq bisa bisa di stater ya gan
BalasHapusKlu sikring 70 amper yg warna apa ya?.. kku g ada yg 70 amper alternayif,y yg brpa amper om?.. salam knal di rubrik ini.. mjsh..
BalasHapusKalau panas rilay ny knp bos ...sudah itu aki ny gak ada api
BalasHapusyah ini juga dicopas lagi hem....tambahin sumber artikelnya donk om admin, sama klo ada pertanyaan dijawab
BalasHapus@yo berkre@si.kamu punya solusi lain apa tidak
BalasHapus