02-03-2016 Author by : Om Budi
Pengalaman menarik dan berharga.... mesin terasa ndut ndutan pada saat
gas di tekan. Dan delco berbunyi seperti suara mesin nglitik. Cek delco
ditemukan cover in pecah dan rotor retak. Setelah diganti ternyata belum
menyelesaikan masalah, karena bunyi nglitik di delco masih ada. Tetap
tidak menyerah dan harus menemukan permasalahannya.... setelah mesin
dinyalakan dan ditunggu beberapa saat, dilakukan pengecekan tanpa sinar
lampu dan pada malam hari, sengaja gelap gelapan agar kalau ada percikan
arus listrik segera diketahui.
Ternyata benar juga...ditemukan koil
keluar bunga api, walaupun kecil dan hanya terlihat dikegelapan, paling
tidak sudah menemukan permasalahan walaupun belum yakin akan sumber
masalahnya disitu. Mencoba berfikir sejenak, kemudian timbul ide untuk
menambal dengan lem putih yang biasa dipakai untuk mengelem kayu. Pada
posisi yg bocor dan disekitarya mulai diolesi lem kayu dengan harapan
percikan bunga api tidak keluar lagi. Setelah ditungguin beberapa saat
hingga lem mengering, mesin mulai dinyalaka lagi...dengan harap harap
cemas....ternyata percikan bunga api tidak keluar lagi dan bunyi nglitik
di delco juga hilang.....masalah terselesaikan..terima kasih lem
kayu ...
Disini admin akan membahas bagaimana cara membongkar Delco Timor, kalo masalah lem kayu warna putih, buat nambal coil yang bocor mah kagak usah dijabarin, takut abisin page blog tibanten nantinya ..... hahahaha.
1. Beri tanda kabel busi dengan tutup delco
Tandai antara kabel busi dengan tutup Delco, agar tidak terjadi
kesalahan pada saat pemasangan ulang. Kemudian lepas satu persatu kabel
busi dan kabel delconya. Tandai juga antara delco dan body mesin, agar
diperoleh posisi timming yang sama dengan posisi sebelumnya. Lepaskan 2
buah baut pengikat delco dengan body mesin, menggunakan kunci ring 12.
2. Lepas Delco dari dudukannya
Posisi setelah delco dilepas, dengan cara mencabut dari body.
Ingat posisi ujung delco yang berbentuk T (utuk penandaan posisi yg sama
pd saat pemasangan). Terlihat seal O, yang biasanya menyebabkan
terjadi rembesan jika seal O mengecil karena panas.
3. Lepaskan 2 baut dari sisi
Cara melepaskan 2 baut dari sisi kiri kanan tutup delco dengan menggunakan obeng + .
4. Buka tutup Delco
Posisi setelah tutup delco terbuka, terlihat rotor dan cover in (tutup dalam).
5. Cabut Rotor
Cabut rotor dari as nya. hati hati pada saat mencabutnya agar tidak rusak. Cabut secara tegak lurus. Lihat gambar no.6.
7. Penampakan setelah rotor dicabut
Posisi setelah rotor di cabut, terlihat cover in.
8. Lepaskan cover in (tutup dalam) dengan mencabut.
Cover in tidak diikat dengan baut, sehingga dapat dengan mudah dilepas.
9. Posisi setelah cover in terbuka.
Kk tolong kasih tau urutan kabel busi nya yang mana mana pada posisi 4 lobang tersebut atau urutan kabel busi nya yang mana2 pada 4 posisi tersebut ditutup delco nya....trimakasih sblm nya
BalasHapusKLIK DI SINI >>> AGENS128
BalasHapusHaloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap
Mat pagi, mas. Usai ganti seal delco timor dohc. Saya susah untuk mendorong masuk delconya ke blok mesin. Mohon pencerahannya.
BalasHapusSaya khawatir tidak pas setting delconya. Mohon pencerahan atau bantuannya.
BalasHapus