Jumat, 30 Oktober 2015

Fungsi Tombol AC & Troubleshooting Air Conditioner - Mobil Timor

30-10-2015  Author by  :  Admin Blog

Fungsi Tombol AC

Orang mungkin sudah familiar dengan tombol - tombol AC, tetapi untuk sebagian orang (newbie kayak saya ini) belum tentu apa manfaat & kegunaan tombol - tombol tersebut. Memang di dasbord mobil timor sudah ada lambang - lambang, logo bahkan tulisan untuk mempermudah pemilik mobil timor dalam pengoperasian panel tersebut. 

Tetapi biang kerok semua pasti kembali kepada pemilik, dimana sangat jarang & bahkan sedikit sekali pemilik mobil mau membaca manual book, ini bisa disebabkan memang tidak tersedia manual book pada saat meminang mobil timor atau memang mayoritas dari kita paling malas untuk baca manual book. Spesial thank's ke Om Bayu (Ketua Umum Ti-Banten) yang sudah share manual book mobil Timor. Beruntung ada yang share article tersebut tentunya di www.s515i.com, sebenarnya AC di timor itu sendiri cukup modern karena banyak fitur yang memang bermanfaat bukan hanya mendinginkan ruangan saja. Berikut cara kerja AC mobil Timor secara singkat. 

IMG00734-20111218-1024
Panel Dashboard AC Timor
Dipanel dashboard terdapat 4 tombol hitam dengan bacaan AC dan ujung kanan berlambang uap panas (cacing), tombol kiri yang bertuliskan AC merupakan tombol on/off kompresor AC sedangkan tombol yang berlambang uap panas merupakan tombol untuk mengaktifkan defogger, hati-hati defogger jika tidak dimatikan akan membuat kaca belakang pecah. 
Apa sih defogger itu? Ini merupakan fitur pada kaca belakang untuk mengurangi embun disaat mobil kita diterjang air hujan sehingga membatasi pandangan kita ke belakang. Pada kaca belakang terdapat garis-garis lurus dan itulah jalur panasnya defogger maka dari itu saya ingatkan sekali lagi untuk mematikan defogger apabila mobil tidak dalam keadaan kehujanan karena banyak kasus kaca pecah akibat kepanasan.

Terkadang tombol AC sudah ON, tetapi tidak ada angin dingin sama sekali, ternyata setelah ditelusuri hanya tombol AC yang ditekan tanpa menggeser tuas blower ke level 1, 2, 3 atau 4. 
Kemudian ada kasus lagi level sudah digeser 1, 2, 3 atau 4, tetapi yang keluar hanya angin saja. Setelah dicross check tombol AC ternyata tidak di ON, Hadeuh capek dech .........

Untuk menghidupkan AC Timor yang benar adalah tekan dulu tombol AC nya, baru kita pindahin level AC nya di level 1, 2, 3 atau 4, tergantung selera yang ada didalam mobil, karena masing - masing level akan mempengaruhi level putaran kipas blower. Nah berikut penjelasan beberapa tuas-tuas dibawah tombol AC yang secara otodidak didapat (maklum masbro, manual book tebel banget) ....

Tuas Level Dingin - Panas 

 
Tuas yang paling atas ini fungsinya sebagai pengukur dingin hingga panas yang akan dikeluarkan blower. Kalau kita dorong kekanan maka fungsi heater akan bekerja sehingga yang akan keluar dari kisi-kisi ac adalah angin panas tapi jika heater masih terpasang pada mobil Timornya ya, karena kebanyakan sudah dilepas dengan alasan safety, kok? Safety karena banyak selang heater yang jebol sehingga mengenai kaki penumpang depan, air yang dikeluarkan merupakan air panas dari radiator. Kalau tuasnya kita tarik ke pojok kiri maka akan semakin dingin angin yang dikeluarkan.

Tuas Level Putaran Blower
Ini 
fungsinya sebagai pengukur kecepatan blower AC berputar, jika kita arahkan ke level 1 kipas akan berputar biasa, level 2 putarannya agak kencang, level 3 kencang sekali, level 4 akan menjadi benar-benar kencang sehingga bunyi berisik gemuruh tapi kebanyakan mobil timor saat ini tuas di level 4 tidak berfungsi alias membuat blower mati tapi ada juga yang nomer 3 tidak berfungsi (blower mati) sedangkan nomer 4 berfungsi sehingga ac mobil berhembus kencang. Biasanya hanya rusak di modul nya saja, solder sana sini jadi beres.
 
Tuas Sirkulasi Udara
Nah ini yang jarang di geser-geser sama pengguna Timor, fungsinya sebagai fitur sirkulasi udara, kalau tuas berada dipojok kiri berarti sirkulasi udara AC hanya berada didalam mobil saja atau mobil tidak menyedot angin dari luar, kalau ada yang kentut baunya gak kemana mana. Sedangkan jika kita geser ke pojok kanan maka fitur ini berfungsi memberikan sirkulasi udara dari luar kedalam sehingga udara yang berada di kabin akan terbarukan namun jika didepan kita ada truk sampah siap-siap tercium baunya. Jadi lebih baik pilih yang mana? Tergantung selera aja.

Tuas Arah Angin AC Berhembus
Nah ini yang saya bilang termasuk modern bahkan di mobil jaman sekarang ada beberapa yang tidak memiliki fitur ini. Guna tuas ini sebagai pengarah kemana angin ac berhembus, kita mulai dari pojok kiri ya. Paling pojok merupakan standar angin berhembus dari kisi-kisi ac saja namun akan ada sedikit angin ac keluar dari bawah dashboard. Kita geser ke kotak nomer 2, angin ac hanya benar-benar keluar dari kisi-kisi ac saja. Kita geser lagi ke nomer 3, AC akan berhembus dari kisi-kisi ac dan dibawah dashboard, Cuma kayaknya lebih berasa dingin di lantai kalau saya perhatikan, ini fitur favorit saya kalau kaki terasa keringetan. Kita geser kearah kotak nomer 4, angin ac hanya keluar dari bawah saja sehingga bisa membuat kaki kedinginan. Geser ke kotak nomer 5, angin di kisi-kisi ac akan mengeluarkan hawa panas dan dibawah akan terasa dingin namun fitur ini tidak akan berlaku bagi timor yang sudah melepas heaternya dan tidak menggeser tuas level dingin ac ke level agak panas. Kotak terakhir merupakan hawa panas saja yang dikeluarkan, ya tapi gak akan fungsi juga selama anda tinggal di Indonesia bukan di korea hehehehe.

Kiat disaat kita mematikan mesin jangan lupa mematikan (off) tombol ac, jangan sampai kita starter ketika kondisi ac dalam keadaan on karena dapat merusak elektronik kompresor dan aki menjadi terbebani. Selain itu jangan tiba-tiba menyalakan ac pada kecepatan atau rpm tinggi karena akan membuat kompresor rusak dan yang paling sering terjadinya kompresor jebol karena pengendara melajukan mobil hingga diatas 100kpj namun ac tidak dimatikan sehingga kompresor bekerja cepat mengikuti putaran mesin dan akhirnya meleduk mengeluarkan asap (freon bocor). saran saja jika anda ingin melaju dikecepatan tinggi, matikan ac dan ketika ingin menyalakan kembali tekan kopling baru tombol ac dinyalakan agar kompresor tidak kaget.
Source bahan : http://s515i.com

Troubleshoot Air Conditioner Timor

Permasalahan AC memang bukan suatu hal yang besar namun beberapa pemilik kendaraan menjadikan masalah AC sebuah hal yang sangat mengganggu apalagi jika harus terjebak macet di siang yang panas, waduuuh bakal keringetan dan basah kuyup, pastinya gak nyaman buat pengemudi apalagi buat penumpang. di Artikel ini admin memberikan cara memperbaiki masalah ac walaupun dengan gambar yang diambil dari buku manual reparasi KIA SEPHIA, ya gak beda jauh kan sama si Timor. Semoga artikel ini membantu para pemilik kendaraan dan mohon maaf jika gambar di artikel menggunakan bahasa inggris ya, biar dibaca sama bule bule yang juga punya mobil sephia diluar Indonesia. Source bahan : http://s515i.com/troubleshoot-air-conditioner-timor
 

Diagram Penampang AC
Trouble Kipas Blower Tidak Menyala
Trouble Kipas Blower Tidak Hidup
Trouble Kipas AC / Kondesnsor Tidak Mau Berputar
Trouble AC Tidak Dingin
Magnetic Cluth
AC Tidak Dingin
AC Tidak Dingin atau Tidak Ada Anginnya
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

10 komentar:

  1. posting yg sangat bermanfaat,thx om budi

    BalasHapus
  2. Nuhun om heru ..... dicari lagi article yang biasa kejadian di member timor-er.

    BalasHapus
  3. baru ini admin,,,,,lanjutkan perjuangan demi klrg besar tibanten,,,,,,,
    MERDEKAAAAAAA

    BalasHapus
  4. Om rendy ayuklah, es dugan + susu ....

    BalasHapus
  5. Article ma bikin, tapi problem AC timi saya belum solved ..... ending nyari bengkel AC ... wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. Salam kenal om sama2 pengguna timor mau nanyaa keluhan saya klau ac hidup di geser spieednya ke 2,3 atau 4 kok cetak ceteknya sangat cepat ia? Setelan otomatis acnya sudah saya setel paling lama tapi kok masih cetak cetek terlalu cepat seperti ac error...tolong sarannya om

    BalasHapus
  7. om saya mau misahin fan radiator timor dohc, agar kl ac nyala fan radiator tidak ituk nyala, yg dilepas kabel yg mana yaah om? terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  8. Min timor saya kok bau knalpot ya, pdhal panel sirkulasi aq arahin kekiri.
    Mohon pncerahannya mksih..

    BalasHapus
  9. Om saya mau tanya kalau posisi rwlay klakson timor sohc ada di sebelah mana ya.
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus

Item Reviewed: Fungsi Tombol AC & Troubleshooting Air Conditioner - Mobil Timor Rating: 5 Reviewed By: Budi Heriyanto
Scroll to Top