Senin, 02 November 2015

Tip Membersihkan WTS (Water Temperature Sensor)


02-11-2015  Author by  :  Admin Blog

WTS huss jangan ngeres dulu nich ..... atau dikepanjangan dari Water Temperature Sensor atau lebih dikenal dengan sensor panas merupakan bagian penting dari pengaturan kipas radiator, part ini biasanya bertahan lama sampai tahunan namun terkadang kita perlu melakukan perawatannya dengan cara membersihkan WTS. 

Gejala WTS bermasalah biasanya meliputi dengan over head, atau keluarnya air dari tabung reservoir, hal ini terjadi akibat sensor telat memberikan sinyal electric ke arah kipas radiator untuk segera bekerja, bahkan kipas radiator telat untuk berputar sehingga radiator sudah mengalami panas berlebih.

Cara kerja WTS sangat mudah dipahami, ujung WTS akan mendeteksi berapa derajat panas yang iya terima, karena aliran air radiator mengenai WTS sehingga ketika air radiator sudah berada di titik didih tinggi, WTS akan mengirimkan sinyal ke kipas radiator untuk menyala menghembuskan angin ke radiator dan mesin. 

Berbeda dengan extra fan yang memang tugasnya hanya berlaku jika AC menyala. banyak orang yang mengira jika kipas fan akan menyala ketika mesin hidup walaupun dalam kondisi dingin, sebenarnya bisa saja seperti itu namun hal demikian bisa membuat umur motor fan cepat habis. Mesin memerlukan yang namanya suhu ideal, tidak boleh mesin selalu dingin karena ada beberapa part yang butuh pemuaian dan cairan seperti oli harus berada di suhu tinggi agar bekerja secara baik.


Jika kipas suka telat menyala atau tidak menyala sama sekali, jangan langsung menggantikan fan radiator satu set yang baru tapi coba untuk membersihkannya dahulu, wajar saja kalau sensor nya kotor karena terkadang air radiator terisi debu-debu atau kerak bahkan lumpur, langkahnya sebagai berikut : 
  • Buka WTS dengan cara seperti membuka baut, tetap hati-hati dalam melepaskannya karena bagian plastiknya bisa mudah grepes dan rusak.
  • Cabut perlahan WTS nya dari rumahnya. 
  • Siapkan cairan seperti DCS, Nulon atau Carb Cleaner.
  • Rendam ujung wts dengan cairan tersebut selama setengah jam.
  • Bersihkan sampai benar-benar keadaan ujung wts mengkilap bagai kuningan.
  • Pasang kembali dengan berhati-hati
Mudahkan?, kerak-kerak yang menutupi sensor wts dapat mengganggu pengiriman sinyal ke fan radiator. kalau sudah bersih, daya sensitifitas WTS akan kembali normal kembali. semoga cara ini bisa membuat kinerja radiator kembali normal seperti sedia kala. tidak disarankan dibersihkan dengan cara diamplas, direndam dengan bensin atau wd40 dan pembersihan selain tips diatas. Source : http://s515i.com/membersihkan-wts/

Ilustrasi Gambar Bongkar WTS ..... 

Kondisi WTS sebelum dibersihkan ....

Bersihkan dengan Cairan Foaming atau sejenisnya ....

Kondisi setelah proses pembersihan .....
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

22 komentar:

  1. Pengalaman dari problem mobil timor ane ....

    BalasHapus
  2. Usaha boleh ..... tapi endingnya ganti beli baru langsung solved.

    BalasHapus
  3. admin ada bahan untuk teorinya gx, minta dong ... untuk tugas akhir ini

    BalasHapus
  4. gan buka wts nya pake kunci no berapa ya

    BalasHapus
  5. Sya udh coba buktinya mntep jdi reponsif kipasnya

    BalasHapus
  6. Timor ane jalur fun nya udh d langsungin...muter terus...ana pengen di kembaliin sprti semula...adakah yg bisa bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur kabel yg langsung ke aki, dibuat melewati wts nya om ... Hanya 1 kabel. Jika kesulitan bisa lihat timi unit member lain buat pastiin jalur kabel, tp siapin wts nya dulu

      Hapus
  7. Wta gk boleh di hmplas hlus utk mmbrsihkn ny kh om?

    BalasHapus
  8. Kalau timor punya saya kok saat mesin sudah panas lalu di matikan trs di kontak on kipas langsung berputar lalu akibatnya mesin susah di stater kira2 apanya ya om yg perlu di perbaiki

    BalasHapus
  9. Ada yg bisa bantu normalin atau standarin wts mobilku dohc,
    Karena saat ini kontak on kipas langsung muter,

    BalasHapus
  10. Knp wts gak boleh diamplas, pakai cabulator cleaner boleh gak

    BalasHapus
  11. Nnya bos ku suhu wts otomatis buka brpa derajat?

    BalasHapus

Item Reviewed: Tip Membersihkan WTS (Water Temperature Sensor) Rating: 5 Reviewed By: Budi Heriyanto
Scroll to Top