19-11-2015 Author by : Om Budi
Inilah ciri-ciri kaki-kaki mobil yang sudah harus ”diurut” melalui spooring dan balancing.
# 1.
# 4.
Tidak semua jalanan mulus semulus jalan tol, jalur jalanan kota terkadang rentan dengan aspal bergelombang .... apalagi jalanan komplek ane om, berlubang & rusak sangat parah. Kondisi jalan seperti itu tentunya menjadi momok
seram bagi kaki-kaki mobil, apalagi jenis sedan timor yang jadi tunggangan kita sehari - hari. Tak hanya komponen suspensi dan ban yang
harus menahan beban makin berat, posisi roda jadi berubah. Solusi terakhir yan kita bawa mobil ke bengkel untuk urut - urut kaki atau bahasa bekennya spooring dan balancing.
Penting untuk menjaga keselarasan dan keseimbangan keempat roda. Spooring untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri supaya tidak limbung dan berat sebelah. ”Kalau balance, roda tidak bergetar (dirasakan di setir) pada kecepatan tertentu karean bobot roda tidak seimbang di setiap lingkar roda.
Penting untuk menjaga keselarasan dan keseimbangan keempat roda. Spooring untuk menyelaraskan posisi roda kanan dan kiri supaya tidak limbung dan berat sebelah. ”Kalau balance, roda tidak bergetar (dirasakan di setir) pada kecepatan tertentu karean bobot roda tidak seimbang di setiap lingkar roda.
Inilah ciri-ciri kaki-kaki mobil yang sudah harus ”diurut” melalui spooring dan balancing.
# 1.
Setir bergetar pada kecepatan tertentu, biasanya mulai terasa di
atas 80 kpj. Getaran itu bahkan kadang sampai ke penumpang belakang
dengan bunyi-bunyian ban yang tak seimbang. Jika dibiarkan, maka ban
akan gundul pada bagian tertentu.
# 2.
# 2.
Mobil tiba-tiba berjalan miring, padahal setir lurus.
# 3.
# 3.
Tiba-tiba setir lebih dominan ke kiri atau kanan. Bila dilepas, maka
mobil mengarah ke satu sisi. Jika ini terjadi, maka periksa dulu
tingkat keausan ban. Ini bisa terjadi gara-gara kebotakan ban tidak
merata. ”Kalau bukan ban, berarti mobil harus di-spooring,” alias urut kaki.
# 4.
Posisi setir sentral. Untuk mengetahuinya, luruskan posisi setir
sesuai logo merek. Jika sudah merasa lurus, tapi mobil tetap berbelok
sendiri, ya harus di-spooring.
# 5.
# 5.
Ketika membelokkan mobil, tiba-tiba terasa guncangan, padahal kondisi jalan mulus.
#6.
#6.
Kemudi berbelok, tetapi roda susah mengikuti dan cenderung lurus.
Ternyata waktunya urut kaki ......
BalasHapusklw urut badan enk x ya hehehheh
BalasHapusklw urut badan enk x ya hehehheh
BalasHapusUrutnya ++ om ren ...... biar neng timi juga seneng
BalasHapusKlw suara krek krek di jalan agak bergelombang atau jelek apaan ya om masalahnya??
BalasHapusPernah abis spooring 2 minggu malah kacau...suara berisik akhirnya ganti cv joint sebelah kiri aj..tp masih ad suara krek krek di bawah stir...