01 - 03 - 2016 Author : by Om Budi
1. Mesin susah hidup pada penyalaan pertama ( star awal setelah kondisi mesin dingin )
2. Mesin tidak langsam / tersendat sendat. dsb.
Berikut ini admin sajikan dari berbagai sumber & akan dibahas cara mengatasi gangguan tsb, semoga bisa membantu para pemakai TIMOR, agar tetap sayang dengan mobilnya.
Pastikan dulu bahwa semua kondisi dari pengapian s/d aliran bensin ke karburator tidak ada masalah. Salah satu penyebab mesin susah hidup pada saat pemanasan awal / warming up adalah suhu ideal mesin belum tercapai kisaran 85-90an derajat celcius dan butuh campuran bbm yg gemuk. Untuk mendapatkan campuran gemuk, maka choke harus tertutup. Disarankan katup choke sedikit dibuka kecuali di daerah dingin. Jika katup choke menutup penuh biasanya malah mesin akan susah hidup karena bbm terlalu over dan disarankan sedikit dibuka (terbuka sedikit ) supaya ada udara yang masuk.
MESIN SUSAH HIDUP PADA PENYALAAN PERTAMA ( STAR AWAL )
Para pengguna / pemakai mobil Timor khususnya tipe SOHC ( karburator )
sering mengalami gangguan yang disebabkan oleh masalah karburator. Gangguan tsb misalnya :
1. Mesin susah hidup pada penyalaan pertama ( star awal setelah kondisi mesin dingin )
2. Mesin tidak langsam / tersendat sendat. dsb.
Berikut ini admin sajikan dari berbagai sumber & akan dibahas cara mengatasi gangguan tsb, semoga bisa membantu para pemakai TIMOR, agar tetap sayang dengan mobilnya.
Pastikan dulu bahwa semua kondisi dari pengapian s/d aliran bensin ke karburator tidak ada masalah. Salah satu penyebab mesin susah hidup pada saat pemanasan awal / warming up adalah suhu ideal mesin belum tercapai kisaran 85-90an derajat celcius dan butuh campuran bbm yg gemuk. Untuk mendapatkan campuran gemuk, maka choke harus tertutup. Disarankan katup choke sedikit dibuka kecuali di daerah dingin. Jika katup choke menutup penuh biasanya malah mesin akan susah hidup karena bbm terlalu over dan disarankan sedikit dibuka (terbuka sedikit ) supaya ada udara yang masuk.
Lebarnya celah bukaan choke pada saat dingin disarankan adalah
kurang lebih 3 mm. Terbuka dan tertutupnya choke ini di atur oleh sensor
yang menggunakan aliran panas air radiator untuk bekerjanya. Pada saat
dingin choke akan menutup dan pada saat panas cuck akan terbuka. Atur
baut pengatur bukaan choke sambil diperhatikan besar kecilnya bukaan
choke. Bila katup choke tertutup penuh, putarlah baut pengaturnya sensor
bukaan katup choke ke arah kanan untuk membuka sedikit katup chokenya.
Berikan tekanan ka arah bawah dari tuas ( B ) apabila baut terlalu keras
untuk diputar. ( Lihat gambar )
Setelah katup choke sedikit terbuka, cobalah untuk menyalakan mesin.
Apabila RPM warming up terlalu rendah bisa diatur dengan memutar ke
kanan baut pengatur RPM warming up ( lihat gambar ).
Yang benar adalah
pada saat warming up, putaran mesin sedikit tinggi kurang lebih
1000-1100 rpm, dan setelah panas akan turun secara otomatis menjadi
settingan rpm kehendak kita ( atur rpm idle 800-900rpm ).
Untuk stelan terbaik berdasarkan pengalaman adalah :
Untuk stelan terbaik berdasarkan pengalaman adalah :
- RPM idle tanpa beban : 900rpm,
- RPM idle AC On : 1000rpm.
Semoga bermanfaat ..... Salam Timor-er, Trim's buat Om Sugeng Ramadi
Om tanya klau delco nya masalah apa msih bisa diperbaiki
BalasHapusKLIK DI SINI >>> AGENS128
BalasHapusHaloo Guys , Bingung Mau cari SITUS GAME ONLINE yang menghasilkan UANG??
Dari pada bingung DAN menghabiskan KUOTA tanpa menghasilkan,
Yuk langsung aja Gabung di situs terlengkap