Senin, 19 September 2016

Trouble Wiper Pump .... (Tidak keluar air pada wiper)

20-09-2016  Author by : Om Budi

Wiper Pump merupakan sebuah part yang dapat mengeluarkan air dari lubang spray (tabung air wiper), gunanya sebagai penyapu debu dan kotoran yang menempel pada kaca depan. penyakit dari semprotan air ini adalah macet dan juga mati motor pompanya, masih dimaklumi karena pompa wiper spray juga ada lifetime nya. 

Bagian ini jadi sangat penting sekali jika berkendara dalam keadaan hujan & debu lumpur menempel dikaca depan. Berikut tip untuk mengatasi masalah tersebut :

Bongkar Tabung Wiper Tank

untuk melepaskan tabung wiper nya cukup mudah, hanya membutuhkan kunci pas berukuran 10 dan ketelitian serta kesabaran karena saat melepaskan tabung sedikit susah karena kepentok baut stelan lampu headlamp dan selang power steering. untuk mengakalinya, lepas baut headlamp bagian atas agar lampu headlamp bisa di majukan kedepan sedikit dan tabung wiper di putar agar bisa dikeluarkan dari dudukannya seperti pada foto dibawah. Saat pencopotan tabung harus hati-hati karena ada socket pompanya.


Periksa kondisinya karena ada beberapa kemungkinan terjadi trouble wiper pump tidak bisa mengeluarkan air.

a. Hanya selang yang lepas
Jika ini terjadi pada mobil timi anda, beruntung sekali karena bisa diakali dengan memasangkembali serta diperkuat dengan kabel tis, selang wiper tank kondisinya sangat lunak sekali.


b. Motor Wiper Pump Mati
jika motornya bermasalah biasanya di kumparan terdapat gosong, kebanyakan yang punya stok dinamo hanya mengganti dinamonya saja. bagi teman-teman yang hobi main tamiya pasti punya stok dinamonya karena sama dengan yang digunakan pada tamiya, hanya beda dibagian ujungnya saja hehehehe… Jika punya anggaran lebih bisa disiapkan -/+ 245.000 ditoko sparepart original bawaan timor.  


Atau kalo mau yang murah ekonomis, bisa diakali dengan part wiper tank punya Kijang (20.000), tetapi harus merubah sedikit dudukan soket (T), atau pakai Mazda Interplay / Familia.

Sekedar sharing saja, gunakan air biasa dicampur sama cleaner untuk kaca depan merk KIT, lebih bagus untuk menyemprot kotoran yang menempel daripada hanya menggunakan air biasa tanpa adanya campuran, tapi jangan terlalu banyak menggunakannya karena takut lebih banyak busa daripada airnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Trouble Wiper Pump .... (Tidak keluar air pada wiper) Rating: 5 Reviewed By: Budi Heriyanto
Scroll to Top