31-12-2015 Author by : Om Budi
Source : Timor-er Solo
Dengan berjalannya mobil kadang kita tidak mengira master kopling
kita yang baru diganti dalam jangka waktu yang belum lama atau memang
belum pernah diganti ada masalah kebocoran, siapa sangka
namanya juga buatan manusia kadang juga awet kadang juga nggak awet
tiba-tiba minyak habis .....
Saran kita sih, sebelum mobil digunakan perjalanan yang cukup jauh, lebih baik dilakukan ritual ini menghindari hal - hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan.
Yuk kita ganti sendiri seal kit nya pasti irit ongkos masbro, langsung ke tcp eh keliru tkp .....
1. Persiakan peralatan buat bongkar & pasang
Peralatan kunci sok 12”, dan kunci 10” atau kunci nipple,
kemudian tang dll
2. Pastikan sudah membeli repair kit seal kit master
kopling
Untuk harga bervariasi, silahkan menghubungi bengkel langganan masing - masing. Pengalaman harga bervariasi mulai 25rb – 75 rb untuk seal kit master kopling.
3. Mulai Bongkar Master Kopling Bawah
Kendurkan baut nipple nya sedikit kemudian lanjut dengan
mengendurkan baut pengikat master koplingnya, setelah baut pengikat
terlepas kendurkan sampai lepas baut nipple selang minyak kopling
4. Lepas Master Kopling Bawah
Lepas dan bawa ketempat aman & adem, biar acara oprex juga nyaman. Siapkan disebelah kopi kupu - kupu (colek om iyus), tapi awas jangan sampai salah sruput kopi ya ..... & hati - hati minyak kopling/rem tercecer dimana - mana.
5. Lepas seal + piston master kopling
Dengan cara di pukul - pukulkan ke kayu atau lantai asal jangan dipukulkan ke
meja ntar dikira orang marah, setelah bisa keluar tarik dengan
tang atau congkel aja. Tapi kalau macet siapkan cairan WD semprot dan
tekan2 piston masternya biar kotoran keluar.
6. Bersihkan dinding master kopling
Setelah terlepas bersihkan dahulu bisa pake sabun colek klo perlu sambil
digosok dengan kertas gosok /amplas yang halus biar dinding master
kopling bersih dan kinclong lagi, siapkan seal kit baru plus pistonnya
yang sudah di olesi minyak rem siap dipasang.
7. Rakit Kembali Seal Master Kopling
Langkah selanjutnya rakit kemlagi pada dudukan master koplingny lagi langkah berikutnya
kencangkan baut nipple dan pengikat master kopling, kemudian minta
bantuan teman untuk menekan nekan pedal koplingnya buang angin lewat
nipple buang yang ditambah selang sampai terasa tekanan pada pedal
koplingnya
8. Test Drive
Penggantian selesai silahkan tes drive jalan-jalan n tidak khawatir minyak kopling habis merembes.Source : Timor-er Solo
Ajarin donk beibz
BalasHapusWkwkwk .... Sy pegang konci pas aja enggak bisa om rendy, om ugengyver mentornya.
BalasHapusSy punya mobil hyundai getz yg bermsalah dg pedal kopling keras dan tidak mau kembali pada posisi normal disaat sering injak kopling dalam kondisi jalanan yg macet,setelah didiamkan ±15 mnit pedal kopling kembali normal...
BalasHapusSetelah msuk bengkel terdpt bbrapa pergantian sparepart :
1. Ganti seal master kopling atas dan bawah
2. Ganti minyak rem
3. Ganti piston fiber bawaan hyundai dg piston besi bawaan mobil colt L-300, karena dicurigai piston fiber tsb sudah aus terkena panas dan tekanan sehingga sistem kerjanya kurang maksimal (mekar dan macet)
Alhamdulillah mobil sekarang sudah kembali normal dan tidak khawatir lagi dengan tanjakan/jalanan yg macet
Saya ganti seal kopling atas timor tapi kalo diinjak g mau keras ngeplos aja gitu,walaupun udah dikocok2 tetep aja ngeplos.tolong pencerahannya yg sudah nyoba he....
BalasHapusBaru buka artikel ganti maskop di blog affsmart21 di copas disini hihihi....it's okey gpp buat amal jariyah ilmu semoga bermanfaat 👍👍
BalasHapusAlangkah baiknya sebutkan saja sumbernya
Ukuran piston kupling berapa nya
BalasHapus