31-12-2015 Sumber : affsmart21_blog
Hati-hati dengan rem mobil anda apabila terasa injakan kosong alias tanpa tekanan, setelah pompa baru ada tekanan lagi. Apabila anda merasakan hal tersebut segera cek perangkat rem anda, kalau memang perangkat rem dirasa sudah tua mending segeralah di ganti karena berhubungan dengan nyawa pengemudinya. Pengalaman saat melaju lumayan kencang injak rem blesss gak ada tekanan sama sekali, langsung deh cek tromol belakang kok gak ada kebocoran kemudian pengecekan mengarah master rem atas tapi juga gak ada kebocoran sil nya, minyak rem ditabung juga masih di level aman.
Pengecekan lanjut mesin on kemudian injak rem dengan tekanan konstan klo rem terus amblas tanpa tekanan bisa jadi master rem nya yg bermasalah, akan tetapi jika rem di injak secara tiba-tiba ato mendadak gejala itu tidak ada alias rem berfungsi, menurut info dari bengkel, dan mbah google itu merupakan gejala dari master rem atas yg ada masalah..
Rem merupakan perangkat yang sangat - sangat vital pada kendaraan bermotor, kebayang enggak kalo kecepatan tinggi di toll, tiba - tiba rem blong ......
atau rem gak berfungsi sempurna, serem juga kan .. !!!
Maka selalu
periksa ketinggian minyak rem dalam tabungnya apabila minyak berkurang
tambah atau mungkin warna sudah keruh segera kuras dang anti dengan
minyak rem yang baru, periksa juga dibawah ban apakah ada bekas tetesan
minyak rem, dan juga dibawah kemudi tepatnya pada master rem atas apakah
ada tetesan minyak rem yang perlu kita waspadai.
Hati-hati dengan rem mobil anda apabila terasa injakan kosong alias tanpa tekanan, setelah pompa baru ada tekanan lagi. Apabila anda merasakan hal tersebut segera cek perangkat rem anda, kalau memang perangkat rem dirasa sudah tua mending segeralah di ganti karena berhubungan dengan nyawa pengemudinya. Pengalaman saat melaju lumayan kencang injak rem blesss gak ada tekanan sama sekali, langsung deh cek tromol belakang kok gak ada kebocoran kemudian pengecekan mengarah master rem atas tapi juga gak ada kebocoran sil nya, minyak rem ditabung juga masih di level aman.
Pengecekan lanjut mesin on kemudian injak rem dengan tekanan konstan klo rem terus amblas tanpa tekanan bisa jadi master rem nya yg bermasalah, akan tetapi jika rem di injak secara tiba-tiba ato mendadak gejala itu tidak ada alias rem berfungsi, menurut info dari bengkel, dan mbah google itu merupakan gejala dari master rem atas yg ada masalah..
Mari kita coba bongkar dan pasang master rem atas dengan step atau langkah - langkah berikut :
1. Persiapkan Peralatan
Kunci 12, kunci nipel 10”, tang,
minyak rem, master rem itu sendiri dan peralatan lainnya yang mungkin
dibutuhkan.
2. Kendorkan dan lepas kedua baut nipel
Lepaskan baut nipel, ada 2 buah ...
3. Lepas Baut pengikat body master rem
Gunakan kunci 12", satu baut pengikatnya posisi agak sulit jadi butuh kesabaran.
4. Tarik kedepan untuk melepas master rem
Kemungkinan agak
sulit karena kadang sil nya lengket pada sambungan antara master rem dan
booster rem. Biasanya ada sedikit bekas kotoran semacam karat ...
5. Pasang Sparepart Master Rem
Setelah terlepas tinggal ganti master yg baru langsung dan kencangkan baut pengikat dan pasang nipel selang saluran minyak rem
depan dan belakang. Jangan lupa di isi minyak rem.
Tak di sangka tak di duga ya....
BalasHapusAhli iptex n lokomotif....aku salut om....
Bisanya ngisi olinya aja om .....
BalasHapusCara Setel Rem Buang Angin dari Caliper Rem gmn om.? Maklum newbee ..
BalasHapusSalam dari timor-er sendal USA #semarang
Iya cara setel buang angin Om gemana tuh .....
BalasHapusHabis ganti master rem atas(carry plolong) kok masih ngempos,sudah dibledding kok masih g pakem!.pompa 3x baru ada tekanan?.
BalasHapusyah ini juga dicopas lagi hem....tambahin sumber artikelnya donk om admin yakin nie sumbernya dari er solo???coba cek postingan serupa di affsmart21 duluan mana tanggalnya, sama klo ada pertanyaan dijawab
BalasHapus