17-06-2016 Author by : Om Budi
Sebagian dari kiita mungkin ada yang sempat meluagkan waktu untuk melakukan pengechekan bagian mobil secara teratur, tetapi ada juga pencinta & pemerhati mobil timor ini yang typenya hanya pengguna. Dimana tidak mengetahui apa yang harus dicheck & diperhatikan sebelum mobil digunakan, akibatnya apa, SOS ditengah perjalanan.
Memang di Timor-er setiap member atau pecinta & pemerhati mobil Timor yang mengalami kendala akan dibantu oleh member lain secara suka rela. Akan tetapi alangkah baiknya apabila simbol darurat SOS tersebut digunakan apabila memang benar - benar tidak bisa kita tangulangi sendiri.
Memang di Timor-er setiap member atau pecinta & pemerhati mobil Timor yang mengalami kendala akan dibantu oleh member lain secara suka rela. Akan tetapi alangkah baiknya apabila simbol darurat SOS tersebut digunakan apabila memang benar - benar tidak bisa kita tangulangi sendiri.
Berikut beberapa tip, supaya aman & nyaman berkendara diperjalanan menggunakan mobil kesayangan, hal ini sepertinya jadi wajib dilakukan sebelum memulai aktifitas berkendara :
1. Bersihkan kendaraan sebelum digunakan
Tidak perlu mencuci mobil agar selalu terlihat mengkilap
atau bersih, cukup gunakan lap kanebo dengan air bersih lalu
peras-peras hingga kanebo tidak terlalu basah. Bersihkan secara lembut
bagian body mobil anda, sekalian anda memeriksa keadaan roda, lantai
(apakah ada cairan minyak yg terjatuh) dan bagian knalpot.
Pembersihan bisa sampai juga diarea mesin, dengan membukan kap mesin terlebih dahulu. Kegiatan ini bisa mendeteksi kerusakan - kerusakan kecil yang tidak
terpantau oleh bengkel pada saat melakukan perbaikan, service atau tune
up.
Jangan diajak bicara mobil timor kita, entar disangka orang gila. Mobil timor kita ini bukan kayak yang di film - film yang bisa mengerti apa yang kita bicarakan.
2. Check bagian Engsel Pintu
2. Check bagian Engsel Pintu
Coba bayangkan jika ada temen kita yang pas mau numpang (apalagi cewek) buka pintu kemudian terdengar suara cicit tikus apa tidak langsung down tuh !!!!
Maka dari itu pengechekan ini diperlukan, gunakan cairan WD40 untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai pelumasan, dijamin sunyi suara engsel pintunya.
3. Check & Periksa Kabel Busi serta Coil
Musuh dari kabel adalah tikus, dimana suka mengerat sampai kabel terkelupas yang bisa terjadi konsleting sampai kebakaran. Kabel busi yang tergigit bisa menimbulkan percikan api serta menjadikan keadaan mesin pincang dan boros, parah-parahnya mobil bisa terbakar. Jadi tidak ada salahnya kegiatan ini rutin kita lakukan. Karena fungsi kabel tersebut mengalirkan arus listrik yang cukup besar, kondisi prima harus selalu kita pertahankan.
4. Periksa Kabel-kabel injector, Sekering dan sensor
Pemeriksaan ini meliputi kondisi sekering, kabel - kabel, sensor jika terlihat sedikit terkelupas lebih baik langsung dibungkus menggunakan tape baru menghindari konsleting yang bisa membahayakan mobil & penumpang.
5. Periksa Battery Aki
Battery aki adalah awal bangkitnya mobil kita dari tidur panjangnya, kalau sampai bermasalah bisa-bisa kita cuma nyengir dijalan ketika mobil mogok. Periksa air aki apakah sudah kecukupan atau belum, periksa juga indikator aki (sebenarnya tidak 100% menjamin akurat) apakah masih bagus atau tidak, paling penting sih keadaan air aki tidak mengalami kekurangan. Malukan kalo mobil sudah kinclong pas distater cuma cekakak cekikik doang !!!! Mau kirim simbol SOS ke temen - temen ?
Better siapkan juga kabel jumper dibagasi, supaya dalam kondisi sangat darurat kita bisa minta tolong mobil lain untuk menghidupkan mobil kita (sambil pasang muka melas kale yach).
6. Periksa kondisi oli / minyak pada tabung Rem, Power Staring, Mesin & Gear Box
Pemeriksaan secara berkala bisa mengetahui gejala kerusakan dini, sehingga bisa diminimalisir perbaikan & budged untuk servicenya.
Minyak rem wajib kita periksa, karena merupakan cairan terpenting juga buat keselamatan kita, kalau saja sampai habis tanpa diketahui niscaya kita akan mengalami kecelakaan. Periksa juga perubahaan warna yang ada pada minyak rem, jika warnanya berubah dari yang biasanya, lebih baik jangan menggunakan mobil dulu dan kuraslah minyak rem dilain waktu ketika kita sempat.
Power steering bocor diselang high pressure-nya sehingga harus menambah oli PS. Walaupun PS mobil tidak ada masalah, tetap saja pemeriksaan ini wajib dilakukan karena power steering tidak boleh sampai minyaknya kurang, jika sampai kurang akan merusak bagian PS lainnya dan harga perbaikannya bisa ratusan ribu bahkan jutaan.
Walaupun mobil baru saja di isi oli mesin yang baru, namun tidak ada salahnya jika kita memeriksanya. Apabila stik olinya menunjukkan oli mesin kurang, kita harus menambahkannya secukupnya, jika mesin dipaksa bekerja pada keadaan oli kurang, ada jaminan piston terluka dan part-part lainnya tidak berumur panjang. Cara memeriksa oli mesin yang benar ialah dengan cara mencabut stik oli lalu membersihkan oli yg menempel pada stik oli dengan tisu dan membuatnya kering, lalu masukkan kembali stik tersebut dan dicabut kembali, lihatlah ukuran oli yang ada pada mesin.
Pemeriksaan oli pada gearbox cukup lewat stick, jika oli kurang bisa ditambahkan semua dengan spec oli gear box.
7. Periksa Selang Bensin
Pengalaman admin sekitar filter bensin basah, ternyata klem kurang kencang atau selang sudah keras & retak sehingga bensin keluar membasahi daerah filter. Pemeriksaan yang paling-paling penting, faktor utama kenapa mobil kebakaran adalah terjadinya kebocoran pada selang bensin. Rumus mobil terbakar (selang bensin bocor + percikan api = kebakaran) maka dari itu kita harus memeriksa keadaan selang bensin apakah layak pakai atau tidak, cukup diraba dan ditekan-tekan apakah selang berbau bensin menyengat atau tidak. Periksa juga keadaan sekitar selang bensin, apabila terdapat bercak-bercak khas bensin ngompol segeralah mengganti selang bensin tersebut daripada telat. jika ada waktu lebih dalam perawatan mobil sehari-hari, bisa fokus ke selang bensin dengan mencabutnya lalu melihat serat-serat selang apakah sudah getas apa belum. Namun kebakaran mobil juga disebabkan faktor lain misalnya konsleting listrik atau ada gesekan part yg terlalu lama.
8. Periksa Air Radiator &
Tidak perlu sampai membuka tutup radiatornya, cukup membuka tutup tanki/botol radiatornya saja. Apabila air radiatornya kurang, bisa menambahkan airnya atau cairan coolant nya, hal ini mencegah mobil menjadi overheat karena kekurangan air pendingin, sekaligus memeriksa apakah mobil dalam keadaan sehat atau tidak karena salah satu ciri mobil sudah mengalami masa turun mesin adalah terdapat minyak oli yang bercampur air radiator didalam botol/tabung tersebut.
8. Periksa Air Wiper
Air wiper bisa ditambahkan sabun, supaya cepat membersihkan kotoran debu / burung dan kaca menjadi kinclong sehabis diguyur air hujan.
Selamat mencoba ...... !!!!! Salam Satu Timor Sejuta Saudara .
Maka dari itu pengechekan ini diperlukan, gunakan cairan WD40 untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagai pelumasan, dijamin sunyi suara engsel pintunya.
3. Check & Periksa Kabel Busi serta Coil
Musuh dari kabel adalah tikus, dimana suka mengerat sampai kabel terkelupas yang bisa terjadi konsleting sampai kebakaran. Kabel busi yang tergigit bisa menimbulkan percikan api serta menjadikan keadaan mesin pincang dan boros, parah-parahnya mobil bisa terbakar. Jadi tidak ada salahnya kegiatan ini rutin kita lakukan. Karena fungsi kabel tersebut mengalirkan arus listrik yang cukup besar, kondisi prima harus selalu kita pertahankan.
4. Periksa Kabel-kabel injector, Sekering dan sensor
Pemeriksaan ini meliputi kondisi sekering, kabel - kabel, sensor jika terlihat sedikit terkelupas lebih baik langsung dibungkus menggunakan tape baru menghindari konsleting yang bisa membahayakan mobil & penumpang.
5. Periksa Battery Aki
Battery aki adalah awal bangkitnya mobil kita dari tidur panjangnya, kalau sampai bermasalah bisa-bisa kita cuma nyengir dijalan ketika mobil mogok. Periksa air aki apakah sudah kecukupan atau belum, periksa juga indikator aki (sebenarnya tidak 100% menjamin akurat) apakah masih bagus atau tidak, paling penting sih keadaan air aki tidak mengalami kekurangan. Malukan kalo mobil sudah kinclong pas distater cuma cekakak cekikik doang !!!! Mau kirim simbol SOS ke temen - temen ?
Better siapkan juga kabel jumper dibagasi, supaya dalam kondisi sangat darurat kita bisa minta tolong mobil lain untuk menghidupkan mobil kita (sambil pasang muka melas kale yach).
6. Periksa kondisi oli / minyak pada tabung Rem, Power Staring, Mesin & Gear Box
Pemeriksaan secara berkala bisa mengetahui gejala kerusakan dini, sehingga bisa diminimalisir perbaikan & budged untuk servicenya.
Minyak rem wajib kita periksa, karena merupakan cairan terpenting juga buat keselamatan kita, kalau saja sampai habis tanpa diketahui niscaya kita akan mengalami kecelakaan. Periksa juga perubahaan warna yang ada pada minyak rem, jika warnanya berubah dari yang biasanya, lebih baik jangan menggunakan mobil dulu dan kuraslah minyak rem dilain waktu ketika kita sempat.
Power steering bocor diselang high pressure-nya sehingga harus menambah oli PS. Walaupun PS mobil tidak ada masalah, tetap saja pemeriksaan ini wajib dilakukan karena power steering tidak boleh sampai minyaknya kurang, jika sampai kurang akan merusak bagian PS lainnya dan harga perbaikannya bisa ratusan ribu bahkan jutaan.
Walaupun mobil baru saja di isi oli mesin yang baru, namun tidak ada salahnya jika kita memeriksanya. Apabila stik olinya menunjukkan oli mesin kurang, kita harus menambahkannya secukupnya, jika mesin dipaksa bekerja pada keadaan oli kurang, ada jaminan piston terluka dan part-part lainnya tidak berumur panjang. Cara memeriksa oli mesin yang benar ialah dengan cara mencabut stik oli lalu membersihkan oli yg menempel pada stik oli dengan tisu dan membuatnya kering, lalu masukkan kembali stik tersebut dan dicabut kembali, lihatlah ukuran oli yang ada pada mesin.
Pemeriksaan oli pada gearbox cukup lewat stick, jika oli kurang bisa ditambahkan semua dengan spec oli gear box.
7. Periksa Selang Bensin
Pengalaman admin sekitar filter bensin basah, ternyata klem kurang kencang atau selang sudah keras & retak sehingga bensin keluar membasahi daerah filter. Pemeriksaan yang paling-paling penting, faktor utama kenapa mobil kebakaran adalah terjadinya kebocoran pada selang bensin. Rumus mobil terbakar (selang bensin bocor + percikan api = kebakaran) maka dari itu kita harus memeriksa keadaan selang bensin apakah layak pakai atau tidak, cukup diraba dan ditekan-tekan apakah selang berbau bensin menyengat atau tidak. Periksa juga keadaan sekitar selang bensin, apabila terdapat bercak-bercak khas bensin ngompol segeralah mengganti selang bensin tersebut daripada telat. jika ada waktu lebih dalam perawatan mobil sehari-hari, bisa fokus ke selang bensin dengan mencabutnya lalu melihat serat-serat selang apakah sudah getas apa belum. Namun kebakaran mobil juga disebabkan faktor lain misalnya konsleting listrik atau ada gesekan part yg terlalu lama.
8. Periksa Air Radiator &
Tidak perlu sampai membuka tutup radiatornya, cukup membuka tutup tanki/botol radiatornya saja. Apabila air radiatornya kurang, bisa menambahkan airnya atau cairan coolant nya, hal ini mencegah mobil menjadi overheat karena kekurangan air pendingin, sekaligus memeriksa apakah mobil dalam keadaan sehat atau tidak karena salah satu ciri mobil sudah mengalami masa turun mesin adalah terdapat minyak oli yang bercampur air radiator didalam botol/tabung tersebut.
Air wiper bisa ditambahkan sabun, supaya cepat membersihkan kotoran debu / burung dan kaca menjadi kinclong sehabis diguyur air hujan.
Selamat mencoba ...... !!!!! Salam Satu Timor Sejuta Saudara .
om Admin...kenalin donk tuh cewe nya
BalasHapusSiap om rendy .... Model khusus itu mah
BalasHapusOm mau tanya nih,timi saya kenapa ya busi nya boros banget,ga sampel sebulan ganti busi
BalasHapus