16-06-2016 Author by : Om Budi
1. Konci Pas Roda
2. Dongkrak Mobil
3. Kampas rem baru
4. Stempet/vaselin (greese)
5. Kunci sok 14
6. Traker sederhana untuk mendorong piston cakram agar disk brake baru bisa masuk
7. Nah ....... GG & Kopi kupu - kupu jangan lupa, serta temen ngobrol (ups .... jangan spg yah)
8. Coba injak rem dikocok-kocok sampai terasa keras kemudian
kendorkan baut nipel untuk setel rem tancapkan selang kecil pada nipel
tersebut dan pastikan minyak rem mengalir tanpa ada gelembung2 udara
kemudian kencangkan lagi nipelnya.
9. Pasang ban dan ready tapi awas jangan langsung buat ngebut karena kampas rem masih butuh penyesuaian dengan piringan cakramnya
Tak dapat dipungkiri lagi, bahwa kendaraan yang kita tumpangi sebagai pemerhati & pecinta mobil timor yang umur mobilnya sudah lebih dari 10thn, kemungkinan ada beberapa kendala & part yang musti diganti.
Pada kesempatan ini admin akan ambil tema masalah REM, yang kita semua tahu bahwa fungsi ini memang sangat vital sekali. Gejala untuk rem, khususnya cakram depan terasa dalam pas di injak dan terdengar bunyi berisik saat rem di injak bisa jadi kampas rem mobil anda telah habis jadi suara berisik timbul karena terjadi gesekan besi dari disk brake(kampas) dengan piringan cakram.
Pada kesempatan ini admin akan ambil tema masalah REM, yang kita semua tahu bahwa fungsi ini memang sangat vital sekali. Gejala untuk rem, khususnya cakram depan terasa dalam pas di injak dan terdengar bunyi berisik saat rem di injak bisa jadi kampas rem mobil anda telah habis jadi suara berisik timbul karena terjadi gesekan besi dari disk brake(kampas) dengan piringan cakram.
Kondisi tersebut jangan dibiarkan ntar malah piringan cakramnya yang
kemakan dan tidak rata, lebih baik yuk mari kita bongkar bersama daripada kebengkel biaya juga bongkar
pasang kampas rem/disk brake mending untuk beli GG & Kopi kupu - kupu ......….
Peralatan yang kudu disiapkan & jika belum punya silahkan pinjem dulu ke member yang lain, daripada udah bongkar peralatan kurang .... bisa berabe tarnya, diantaranya :
2. Dongkrak Mobil
3. Kampas rem baru
4. Stempet/vaselin (greese)
5. Kunci sok 14
6. Traker sederhana untuk mendorong piston cakram agar disk brake baru bisa masuk
7. Nah ....... GG & Kopi kupu - kupu jangan lupa, serta temen ngobrol (ups .... jangan spg yah)
Pastikan mobil ditempat yang teduh & dalam posisi datar kendorkan dulu ke empat baut roda,
kemudian siapkan dongkraknya tapi sebelum mulai dongkrak untuk jaga2 dan
keamanan ganjal 3 roda yang lain siapa tau pas didongkrak mobil jalan
sendiri hehehhe……
1. Mulai dongkrak mobil
dan selanjutnya lepas ban dan simpan ditempat yang aman, awas dibawa temenya !!!
2. Lepas baut kaliper
Terlihat kepala babi rem atau kaliper nama kerennya, lepas baut
pemegang kaliper ini dengan kunci sok 14 kemudian tarik kaliper agar
lepas dari cakram.
3. Kemudian lepas pemegang kaliper nya dan juga kampasnya karena lepasnya bersamaan
4. Pasti piston kalipernya akan lebih menonjol seiring dengan
berkurangnya kampas rem, untuk pasang kampas yang baru kita harus
menekan piston agar nantinya kampas baru yang masih tebal bisa masuk ke
posisinya
5. Dengan bantuan traker sederhana kita bisa mendorong piston tersebut.
6. Setelah cukup mulai kita pasang kampas yang baru dan jangan lupa
kasih grees/vaselin/stempet pada pen pemegang kaliper dan semprot pake
penetran untu melumasi piston rem agar tidak macet dikemudian hari.
jangan lupa mumpung lagi dibongkar bersihkan kotoran2 pada kaliper biar
bersih dan tidak mengganggu kinerja rem,jangan pake bensin tapi cukup
dengan sabun colek aja…
7. Setelah sempurna pemasangan kampasnya tinggal kita masukkan kaliper ke piringan cakram kemudian pasang baut pengikatnya.
9. Pasang ban dan ready tapi awas jangan langsung buat ngebut karena kampas rem masih butuh penyesuaian dengan piringan cakramnya
Monggo, silahkan dicoba ...... Kalo mengalami kendala, tinggal ketik SOS di Group Member, Insya Allah pasti dibantu kok ..... Timor-er Gitu Lho !!!!
Bravo Timor-er Banten
0 komentar:
Posting Komentar